Penyebab Darah Tinggi Dan Pencegahannya

By | February 10, 2016

Penyebab Darah Tinggi Dan Pencegahannya

Penyebab Darah Tinggi Dan Pencegahannya – Darah tinggi atau hipertensi merupakan penyakti yang banyak di jumpai di indonesia, karena penderita tidak mengetahui apa penyebab dari darah tinggi sendiri. Untuk itu sangat penting bagi anda untuk mengetahui penyebab penyakit darah tinggi yang bisa membayakan kesehatan anda ini dan akan dijelaskan pada website ini.

Penyebab Darah Tinggi Dan PencegahannyaDarah tinggi atau yang sering di sebut juga dengan hipertensi adalah suatu kondisi dimana meningkatkan tekanan darah di arteri sehingga kondisi ini akan menyebabkan jantung bekerja lebih keras untuk menyebarkan darah ke pembuluh darah.

Berikut faktor yang bisa meningkatkan seseorang terkena darah tinggi :

  • Stres

Stres dapat meningkatkan seseorang terkena tekanan darah tinggi, kenapa ? Karena stres dapat meningkatkan adrenalin seseorang dan kondisi ini akan menyebabkan jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

  • Alkohol

Alkohol salah satu faktor yang dapat meningkatkan terkenan tekanan darah tinggi. Alkohol dapat meningkatkan trigliserida dalam darah. Tridliserida merupakan kolesterol jahat yang berpotensi untuk meningkatkan tekanan darah tinggi.

  • Kelebihan Berat Badan

Berat badan ternyata bisa beresiko untuk meningkatkan terkena tekanan darah tinggi, bagi seseorang yang memiliki berat badan 25 – 30 atau lebih, mereka terhitung memiliki resiko untuk terkena tekanan darah tinggi.

  • Pola makan

Apabila anda sudah makanan yang tinggi akan kalori, lemak dan gula, coba mulai dari sekarang hentikan kebiasaan pola makan yang buruk tersebut karena makanan makanan jenis tersebut dapat meningkatkan resiko terkena tekanan darah tinggi. Penelitian menunjukan bahwa mengkonsumsi terlalu banyak garam dapat menahan cairan dalam tubuh sehingga meningkatkan tekanan darah.

  • Kurang gerak

Biasanya orang yang tingga di kota kota besar apalagi bekerja di kantor yang terlalu lama duduk sampai seharian, dan tidak ditambah dengan olahrag rutin, padahal kebiasaan itu dapat meningkatkan terkena tekanan darah tinggi.

  • Jenis kelamin

Hingga usia 45 tahun, pria paling tinggi terkenan tekanan darah tinggi, pada usia 45 sampai 64, baik pria maupun perempuan sama sama memiliki resiko tinggi terkena tekanan darah tinggi, dan apabila sudah berusia lebih dari itu perempuan akan lebih tinggi beresiko terkena tekanan darah tinggi.

  • Usia

Semakin bertambahnya usia seseorang akan menyebabkan terkena serangan darah tinggi, mengapa ?. Karena apabila seseorang sudah berusia tua akan membuat ke elastisitasan pembuluh darah akan berkurang dan kondisi inilah yang akan menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Dan kemungkinan anda beresiko terkenan tekanan darah tinggi.

  • Faktor keturunan

Tidak hanya warna kulit, fisik atau yang lainnya yang di turunkan dari orang tua kita, ternyata darah tinggi juga dapat di turunkan kepada turunnya, dan apabila seseorang memiliki salah satu penderita darah tinggi atau hipertensi baik itu ayah atau ibunya keturunan diantara mereka beresiko terkena darah tinggi

  • Pencegahan Darah Tinggi

Untuk mencegah darah tinggi datang tentunya kita harus menjalan pola hidup sehat dan rutin berolahraga, terutama menghidari, mengkonsumsi alkohol, stres, jarang berolahraga, dan pola makan tidak sehat.

Untuk mencegah penyakit darah tinggi datang menyerang berikut kami beri tips untuk mencegah darah tinggi datang :

  • Tidak Mengkonsumsi Alkohol

Alkohol merupakan salah faktor yang bisa meningkatkan seseorang terkenan darah tinggi, untuk itu anda jangan sesekali untuk mengkonsumsinya.

Dari pada mengkonsumsi alkohol alangkah baiknya untuk mengkonsumsi air putih atau mimuman yang menyehatkan bagi tubuh dan jangan mengkonsumsi minuman yang dapat meningkatkan tekanan darah menjadi tinggi.

  • Stress

Stres merupakan faktor selanjutnya yang dapat meningkatkan seseorang terkena tekanan darah tinggi, karena dengan anda stres itu akan meningkatkan adrenalin dan kondisi ini akan menyebabkan jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Mulai dari sekarang hindari sesuatu yang akan membuat anda stres, luangkan waktu anda untuk menghibur diri anda dan bermain dengan teman atau keluarga untuk menghilangkan kejenuhan dalam pikiran anda.

  • Rutin Berolahraga

Rajin berolahraga bukan hanya membuat sehat tubuh kita tetapi dengan kita rajin berolahraga akan menjauhkan kita dari berbagai penyakit terutama tekanan darah tiinggi.

Apabila seseorang jarang olahraga atau kurang gerak, orang tersebut memiliki resiko besar untuk terkena tekanan darah tinggi.

  • Mengkonsumsi Makanan Sehat

Bila anda suka mengkonsumsi makanan yang tinggi kalori, lemak dan gula, segera hentikan kebiasaan pola makan tidak sehat ini, kenapa ?. Karena dengan mengkonsumsi makanan tersebut anda beresiko memiliki tekanan darah tinggi.

Mulai dari sekarang konsumsi makanan yang kaya akan sumber vitamin dan protein seperti sayuran dan buah buahan yang banyak mengandung protein dan vitamin yang dapar menyehatkan tubuh anda.

Sekian dan terima kasih anda sudah meluangkan waktu anda untuk membaca artikel tentang Penyebab Darah Tinggi Dan Pencegahannya semoga bermanfaat dan bisa membantu anda yang sedang mencoba memecahkan masalah untuk menyembuhkan dan mencegah penyakit tekanan darah tinggi.

Post By : Penyebab Darah Tinggi Dan Pencegahannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *